Refleksi Diri Mata Kuliah Ekologi



Refleksi
          Kali ini, saya akan merefleksi kegiatan perkuliahan mata kuliah Ekologi pada prodi S1 Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Malang yang telah saya jalani pada tanggal 24 dan 26 Januari 2017. Pada pertemuan pertama, yaitu pada tanggal 24 Januari 2017 dosen memberikan pemahaman mengenai pengertian dan ruang lingkup ekologi. Mahasiswa diminta mengutarakan arti dari ekologi menurut berbagai sumber. Adapun pengertian ekologi menurut beberapa sumber seperti,
·         Ecology is the scientific analysis and study of interactions among organisms and their environment.
·         Ecology is the branch of biology dealing with the relations and interactions between organisms an their environment, including other organisms.
·         Ecology is the study of how organisms interact with each other and their environment. It considers processes that occur at the population, community and ecosystem levels and has a particular focus on biodiversity.

Namun inti dari ekologi itu sendiri adalah kelimpahan dan distribusi. Dari pemahaman mengenai ruang lingkup dan inti dari ekologi ini dapat membantu mahasiswa untuk menguasai materi perkuliahan selanjutnya. Sehingga mahasiswa juga diminta untuk membuat resume dan peta konsep sebagai bahan diskusi pada pertemuan selanjutnya dengan tema faktor-faktor lingkungan.
Pada pertemuan kedua, yaitu tanggal 26 Januari 2017 disepakati pembuatan e-portofolio melalui media blog. Mahasiswa membuat dan berkreasi sendiri dengan blognya, sehingga dengan pembuatan e-portofolio ini dapat menambah ilmu mahasiswa tentang teknologi dan media elektronik untuk menambah kompetensi seiring dengan tuntutan zaman. Pembuatan portofolio ini juga dapat mendokumentasikan kegiatan perkuliahan dan pengetahuan yang didapat selama perkuliahan, serta dapat berbagi pengetahuan dengan pengguna internet dari berbagai kalangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Homoiterm, Poikiloterm, Ektoterm dan Endoderm

Macam – Macam Faktor Pembatas

Leibig’s Law of The Minimum And Shelford Law of Tolerance