Ekologi Populasi



Ekologi Populasi
Populas iekologi mempelajari populasi dari suatu organism pada lingkungannya, yaitu populasi yang bersifat dinamis. Ekologi populasi berhubungan dengan densitas, disperse dan dispersal yang telah dijelaskan pada chapter INTERSPECIES RELATIONSHIP.
Terdapat beberapa teknik dalam menghitung populasi suatuhewan. Pertama dengan teknik total atau sampling. Dapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Secara tidak langsung dengan menggunakan factor sarang, jarak, dll. Selain itu ada teknik capture and recapture. Dengan menandai hewan yang tertangkap. Kemudian melepaskannya kembali. Dan setekah sekian waktu, dilakukan penangkapan kembali. Dan dihitung dengan memperhatikan jumlah hewan yang tertandai. Dapat dihitung dengan rumus : N = sn/x
Dalam suatu generasi juga dapat terjadi overlap generation, yang berhubungan dengan age structure dan sex ratio. Age structure dilihat dari jumlah relative umur dalam suatu generasi. Dapat digunakan piramida umur. Pada umur intermediate merupakan umur paling produktif karena merupakan fase dimanak ekuatan optimum, sudah dapat mencari makanan sendiri dan menghindari predator.

Komentar

  1. sudah baik, mungkin bisa ditambahkan rujukannya
    semangat menulis blog ya :)

    BalasHapus
  2. Saran buat memperbaiki penulisan sebelum di post sebab ada beberapa yang masih salah tulis dan bahasanya belum homogen. Diperbaiki di post selanjutnya ya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Homoiterm, Poikiloterm, Ektoterm dan Endoderm

Macam – Macam Faktor Pembatas

Leibig’s Law of The Minimum And Shelford Law of Tolerance