Adaptasi



ADAPTASI
            Makhluk hidup dapat melakukan adaptasi untuk mempertahankan dirinya dari predator maupun lingkungan. Adaptasi dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu
1.      Adaptasi Morfologi
Contoh dari adaptasi ini yaitu mimikri  dan kamuflase. Mimikri adalah adaptasi suatu organism dengan cara meniru bentuk tubuh dari organisme lain yang tidak disukai oleh predatornya atau organisme yang berbahaya. Contohnya kupu-kupu yang tidak beracun meniru warna corak dari sayap kupu-kupu beracun. Sedangkan kamuflase adalah adaptasi suatu organism dengan cara menyamakan bentuk maupun warna tubuhnya dengan lingkungan latar organism tersebut tinggal. Contohnya kameleon yang dapat merubah warna tubuhnya sesuai dengan warna latar yang ia tempati.

2.      Adaptasi Perilaku
Contoh dari adaptasi perilaku yaitu organisme yang memiliki pertahanan kimia dan burung-burung yang bermigrasi karena kekurangan makanan.

3.      Adaptasi Fisiologi
Adaptasi fisiologi dapat berupa insting dan learned. Insting diperoleh secara alami tanpa harus melalui proses belajar, namun learned diperoleh dari hasil belajar, berupa hasil interaksi dan tidak diwariskan. Contoh insting yaitu anak harimau yang ingin makan daging, dan contoh learned yaitu induk harimau yang mengajari anaknya untuk berburu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Homoiterm, Poikiloterm, Ektoterm dan Endoderm

Macam – Macam Faktor Pembatas

Leibig’s Law of The Minimum And Shelford Law of Tolerance