Habitat Dan Niche



HABITAT DAN NICHE
A.    HABITAT
Merupakan tempat hidup dari makhluk hidup tersebut. Habitat adalah tempat dimana makluk hidup tersebut melakukan aktivitasnya. Suatu Habitat terdiri dari faktor fisik seperti tanah, kelembaban, kisaran suhu, dan ketersediaan cahaya serta faktor-faktor biotik seperti ketersediaan makanan dan adanya predator. Sebuah Habitat belum tentu daerah-untuk geografis organisme parasit itu adalah tubuh inangnya atau bahkan sel dalam tubuh inang.
B.     NICHE
Niche adalah peran suatu organism pada habitatnya. Niche berhubungan dengan bagaimana spesies-spesies yang berbeda dapat bertahan dalam komunitas yang sama. Dan dapat terjadi coexist, yaitu kondisi dimana spesies yang berlainan dapat hidup bersama dan tidak terjadi kompetisi. Faktor abiotik dan biotic mempengaruhi keberadaan suatu individu. Semakin rendah taxa, maka persaingan yang terjadi semakin ketat. Jadi niche juga berhubungan dengan kompetisi, terdapat 3 jenis kompetisi, yaitu

1.      Interspesific competition
2.      Interference competition
3.      Exploitative competition

Niche sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu
1.      Fundamental Niche
“ The full range of conditions and resources in which the species can maintain a viable population”
Jadi pada niche fundamental, merupakan rentangan wilayah dimana seharusnya organism tersebut dapathidup.

2.      Realize Niche
“The niche that is actually used by individu”
Jadi realize niche merupakan rentangan wilayah dimana pada faktanya individu tersebut dapat hidup. Dapat terjadi karena adanya penambahan atau pengurangan spesies pada niche fundamentalnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Homoiterm, Poikiloterm, Ektoterm dan Endoderm

Macam – Macam Faktor Pembatas

Leibig’s Law of The Minimum And Shelford Law of Tolerance