Interspecies Relationship



…INTERSPECIES  RELATIONSHIP
Meliputi :
1.      Dispersi
-          Clumped ( Berkelompok )
Dispersi jenis ini bersifat umum. Terjadi karena dua faktor, yaitu karena perilaku social, contohnya kumbang yang berdispersi untuk kawin dan ikan yang berkelompok untuk mencari makanan.
-          Uniform ( Seragam )
Dispersi jenis ini bersifat jarang. Terjadi karena interaksi social atau kompetisi yang kuat. Contohnya penguin yang bergerombol.
-          Random ( Acak )
Dispersi jenis ini bersifat paling jarang terjadi. Terjadi karena tidak adanya keterikatan individu yang satu dengan yang lainnya. Contohnya pada suatu pohon di hutan yang padat.

2.      Distribusi
3.      Densitas
“ Number of individuals of a species per unit at a given time”. Jadi, densitas populasi adalah besarnya populasi dalam suatu unit ruang, yang pada umumnya dinyatakan sebagai jumlah individui-individu dalam setiap unit luas atau volume (Gopal dan Bhardwaj, 1979). Densitas populasi itu disebut juga kerapatan atau kepadatan populasi (Irwan, 1992). Istilah kerapatan lazim digunakan untuk densitas tumbuhan dan binatang, sedangkan istilah kepadatan lazim digunakan untuk densitas manusia. Perubahan yang dimaksud adalah berkurang atau bertambahnya jumlah individu dalam setiap unit luas atau volume. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Homoiterm, Poikiloterm, Ektoterm dan Endoderm

Macam – Macam Faktor Pembatas

Leibig’s Law of The Minimum And Shelford Law of Tolerance