Presentasi Kelomopok 2 dan 3



KELOMPOK 2
RESOURCHES PARTISIONING
            Pembagian sumber makanan atau yang lainnya dapat terjadi karena suatu makhluk hidup dapat hidup berdampingan dan memiliki sumber makanan yang sama. Contohnya kadal yang memiliki empat zona, yaitu pada ujung pohon, tengah, bawah dan di pohon yang lain. Pada setiap zona memiliki suhu dan jenis makanan yang berbeda.
DETECTING INTERSPESIFIC COMPETITION
            Contohnya pada plot A terdapat lubang tikus yang kecil dan plot B terdapat lubang tikus yang besar. Sehingga lubang kecil pada plot A dapat dimasuki dan dijadikan tempat tinggal oleh rodentia lain, sehingga tikus tidak memiliki tempat berlindung jumlahnya menurun. Sedangkan pada plot B tikus tetap jumlahnya karena tidak ada rodentia lain yang menempati lubangnya.

KELOMPOK 3
PREDASI
            Predasi merupakan proses makan memakan. Organisme yang tidak memiliki tempat berlindung akan terus menerus dimakan oleh predatornya, sehingga lama kelamaan organism tersebut habis dan diikuti dengan menurunnya jumlah predatornya karena sumber mangsanya telah habis juga. Sedangkan pada organisme yang memiliki tempat berlindung, jumlah penurunannya karena predasi tidak akan signifikan, sehingga organism tersebut dan predatornya akan tetap eksis.
PREDASI DAN POPULASI MANGSA
            Eliminasi dan mendatangkan spesies tertentu dapat mempengaruhi jumlah populasi dari suatu spesies. Contohnya pada kasus dimana karnivora atau predator dari rusa dihilangkan ata udieliminasi, maka jumlah rusa akan membludak. Lain halnya dengan kasus dimana didatangkan tikus, anjing dan kucing, maka jumlah kura-kura akan menurun. Karena telur kura-kura dimakan oleh tikus, anjing maupun kucing. Kemudian pada kasuslainnya dimana populasi kaktus meningkat secara cepat karena tidak ada predator, sehingga didatangkan ngengat untuk mengontrolnya. Atau ketika media kultur yang terdapat paramecium yang tumbuh dengan optimal dimasuki dengan didinium, maka paramecium harus membagi sumber makanannya pada didinium untuk tumbuh. Saat sumber nutrisi di kultur habis, maka keduanya juga akan menurun.
PREDASI DAN EKSEKUSI
            Predasi menentukan populasi mangsa, sehingga terjadi evolusi untuk memperkuat mekanisme  pertahanan suatu organisme agar tidak dimangsa oleh predatornya. Contohnya gastropoda dan Mollusca yang berevolusi dengan merubah cangkangnya menjadi tebal dan licin agar predator kesulitan menangkapnya. Selain itu tumbuhan juga melakukan pertahanan terhadap herbivore dengan cara adaptasi morfologi maupun perlindungan kimia.
            Contoh dari adaptasi morfologi dengan membentuk duri, trikoma dan silica. Sedangkan perlindungan kimia dengan menghasilkan metabolit sekunder yang beracun untuk herbivore tertentu. Contohnya mustard oil dangetah. Mustard oil memiliki bau menyengat, sehingga tidak disukai oleh serangga tertentu, sedangkan getah dapat merusak cardiac dari serangga tertentu. Evolusi yang terjadi tersebut tidak hanya terjadi oleh satu pihak, namun diikuti olehkedua pihak, sehingga terjadilah koevolusi.

Komentar

  1. hasil catatan kuliah yang dipublikasikan sudah baik dan langsung pada intinya. tidak bertele-tele. tetapi jika ada tambahan gambar akan terlihat bagus dan lebih baik

    BalasHapus
  2. ini contoh bukti belajar yang bisa di publikasikan dan bisa bermanfaat untuk orang lain

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Homoiterm, Poikiloterm, Ektoterm dan Endoderm

Macam – Macam Faktor Pembatas

Leibig’s Law of The Minimum And Shelford Law of Tolerance